Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1
Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Jurnal Monolog
Belajar dan berbagi itulah kata-kata yang selalu saya jadikan pegangan didalam setiap mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi yang saya ikuti. Artinya selain belajar untuk peningkatan kompetensi diri sendiri, saya juga melakukan sesi sharing atau berbagi apa yang sudah saya dapatkan baik kepada rekan-rekan guru di sekolah dan juga rekan-rekan guru di seluruh nusantara. Karena bagi saya dengan berbagi maka ilmu yang akan kita miliki akan semakin berkembang dan bertambah. Selain itu, kita juga dapat menginspirasi rekan-rekan yang lain untuk ikut melakukan apa yang telah kita lakukan. Adapun cara yang akan saya lakukan dalam mentransfer dan membagikan pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak ini yaitu:
- Saya akan
menyusun rencana program guru penggerak yang akan saya laksanakan di
sekolah.
- Saya akan
mengkomunikasikan dengan kepala sekolah untuk menyampaikan program yang
sudah saya susun tersebut.
- Saya akan
mensosialisasikan materi-materi program guru penggerak yang telah saya
dapatkan pada program guru penggerak ini di komunitas praktisi di
sekolah saya, sebagai kegiatan pengimbasan kepada rekan-rekan guru baik
melalui daring maupun luring seperti mesosialisasikan materi - materi guru
penggerak melalui blok saya, youtobe saya dan lain - lain
- Saya akan
mengajak teman sejawat saya di sekolah untuk berkolaborasi dalam
menerapkan prinsip-prinsip pengambilan keputusan yang efektif ini sesuai
apa yang sudah saya pelajari di modul 3.1 ketika saya berada dalam situasi
dilema etika maupun bujukan moral yang saya alami maka dalam mengambil
keputusan harus berdasarkan pada keempat paradigma dilema etika, ketiga
prinsip dilema etika, dan sembilan langkah pengambilan dan pengujian
keputusan.
- Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Sebagai seorang pemimpin
pembelajaran di sekolah dalam rangka mewujudkan merdeka belajar dengan pembelajaran
yang berpihak kepada murid, tentunya suatu waktu kita akan dihadapkan pada
situasi dilema untuk mengambil sebuah keputusan yang terbaik dan menguntungkan
semua pihak. Adapun langkah awal yang
akan saya lakukan sbb:
- Saya terlebih dahulu akan menganalisis dan
menentukan apakah masalah yang saya hadapi termasuk ke dalam dilema etika
atau bujukan moral
- Kemudian Memastikan bahwa dalam mengambil sebuah
keputusan sudah sesuai dan sejalan dengan visi dan misi
yang telah kita susun dan sepakati bersama.
- Setelah itu Saya menentukan paradigma apa yang ada pada
permasalah tersebut. Paradigma yang terjadi pada situasi dilema
etika bisa dikategorikan sebagai berikut yaitu Individu lawan
masyarakat (individual vs community), Rasa keadilan lawan rasa kasihan
(justice vs mercy), Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty), Jangka
pendek lawan jangka panjang (short term vs long term).
- Selanjutnya Saya akan menentukan prinsip yang akan
digunakan dalam pengambilan keputusan, melalui 3 prinsip yang berlaku
Kemuadian Saya akan menguji
keputusan yang saya ambil melalui 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan
Sbb:
- Menentukan nilai-nilai yang bertentangan pada
permasalahan yg sedang di hadapi
- Menentukan siapa saja yang terlibat dalam situasi
tersebut
- Menentukan fakta-fakta yang relevan dalam situasi
tersebut
- Pengujian benar lawan salah dalam
situasi tersebut.
- Pengujian paradigma benar lawan benar
- Melakukan prinsip resolusi
- Investigasi opsi trilema
- Buat keputusan
- Lihat lagi keputusan dan refleksikan
- Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
- Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.
Dalam menjalankan pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, saya tentu tidak bisa sendiri, karena
saya juga masih belajar bagaimana menerapkan ilmu pengetahuan dan masih harus
terus berlatih dalam mengambil keputusan berdasarkan empat
paradigma dilema etika, tiga prinsip dilema etika, dan sembilan langkah
pengambilan dan pengujian keputusan. Oleh karena itu, saya membutuhkan rekan
sejawat yang juga sebagai teman diskusi untuk menganalisis dan
menentukan apakah langkah-langkah yang saya ambil telah tepat dan
efektif.
Menurut saya orang-orang yang bisa saya jadikan teman diskusi/pendamping dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah rekan-rekan sejawat di sekolah, kepala sekolah, orang tua siswa, siswa, komite sekolah, atau bisa juga pengawas sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar